60 Kios di Blok G Tanah Abang Disegel


Tanah Abang Sebanyak 60 kios yang berada di lantai 2 dan 3 Pasar Blok G Tanahabang, Jakarta Pusat, sudah disegel oleh pihak PD Pasar Jaya, Rabu (26/2).
Kios disegel karena pedagangnya tidak berjualan dan menutup kios selama hampir 3 bulan. Kios-kios yang disegel ditempeli stiker penyegelan dari pihak PD Pasar Jaya dengan tulisan 'Tutup Sementara'.
Sebagian besar pedagang yang berada di lantai dua pun terlihat hanya duduk dan bercengkerama. Tak hanya itu, karena sepi pengunjung, beberapa pedagang tampak tertidur di dalam kiosnya.
Menurut salah satu pedagang di lantai 3, Yusnita (50), pada siang kemarin pihak pengelola Pasar Blok G sudah mulai menyegel beberapa kios yang berada di lantai dua dan tiga.
"Udah lama mereka (pedagang) nggak dagang, jadinya disegel. Kalau kami pedagang asli tahulah dan tetap bertahan berjualan. Masih banyak pedagang yang ngantre untuk mendapatkan kios di sini. Jadi memang perlu tindakan tegas," kata wanita yang berjualan pakaian anak muda itu.
Menurutnya, karena para pedagang menutup kios, hal itu membuat para pengunjung ogah berbelanja di lantai tiga. Pasalnya, ketika para pengunjung naik ke lantai 3, yang terlihat hanya kios-kios yang kosong. Akhirnya, para pengunjung urung ke lantai tiga.
"Kalau bisa, penginnya para pedagang kompak dan membuka kiosnya biar ramai. Jadi apa yang dicari pengunjung pasti ketemu. Kalau kosong begini, otomatis para pengunjung takut semua untuk naik," tutur Yusnita.
Dia mengaku masih tetap bertahan di Pasar Blok G karena menunggu janji Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), seperti pembuatan eskalator, jembatan penghubung, dan pintu belakang yang terhubung dengan pintu keluar Stasiun Tanahabang.
Ia bersikukuh untuk bertahan meski dalam dua bulan terakhir, dagangannya sangat sepi dari penglaris. Padahal harga yang ditawarkan sangat murah yaitu per potong baju hanya Rp35 ribu. "Paling dalam seminggu laku antara satu sampai dua potong. Sebulan ini malah nggak ada penglaris," keluhnya.
sumber: wartakota
class='comments card-panel' id='comments'>